Tips Penting untuk Melakukan Pendakian

oleh -87 Dilihat
Tips untuk mendaki. (Foto: cnn)

XNews.ID – Situasi menakutkan di jalan sering kali dimulai dengan serangkaian hal kecil yang tidak beres. Hujan ringan membuat jalan menjadi licin dan membasahi pakaian Anda. Kemudian Anda menggali ke dalam paket Anda dan menemukan botol air telah membocorkan isinya yang berharga ke seluruh peta. Hal itu menyebabkan Anda mengambil jalan yang salah dan gagal keluar sebelum gelap. Sekarang, alih-alih berbagi makanan dan minuman perayaan dengan pendaki lain, Anda malah kedinginan, haus, dan berada di malam yang sangat panjang.

Untungnya, skenario seperti ini sering kali dapat dicegah. Baik melakukan pendakian singkat di dekat rumah atau melakukan keajaiban serius di taman nasional, dikutip dari Trip Savvy, pada Jumat (2/2/2024), ikuti tips keselamatan penting ini untuk setiap pendakian disini:

1. Biarkan Sesoramg Tahu Tujuan Perjalanan Anda

Sekalipun Anda mendaki bersama seorang teman, tetap merupakan ide bagus untuk memberi tahu seseorang yang berada di masa lalu kapan Anda akan kembali. Anda tidak akan diselamatkan jika tidak ada yang tahu bahwa Anda mungkin perlu diselamatkan. Buatlah rencana perjalanan dan serahkan pada orang yang dapat dipercaya.

2. Teliti Rute Anda Terdahulu

Sebelum mendaki di area asing, pelajari tata letak pendakian Anda, termasuk jarak, medan, dan peningkatan ketinggian. Catat seberapa jauh Anda harus berjalan ke satu arah untuk memotong jalan atau perairan. Tanyakan pada diri Anda (dan jujurlah) apakah Anda berada dalam kondisi yang cukup baik untuk mencapai ketinggian. Peta topografi dapat menjadi sumber berharga untuk mendapatkan gambaran umum tentang suatu daerah.

Pada hari pendakian Anda, luangkan beberapa menit untuk mengunjungi kantor pusat taman atau stasiun penjaga jika ada. Penjaga hutan yang berpengalaman akan dengan senang hati berbicara tentang cuaca, satwa liar, peringatan kebakaran, penutupan jalan setapak, penyeberangan sungai, dan hal lain yang perlu Anda ketahui. Saat Anda berada di sana, ambillah peta kertas daripada hanya bergantung pada teknologi untuk orientasi.