Tuntunan Memilih Pemimpin Dari Al-Quran: Jangan Bersama Orang-Orang Yang Berkhianat

oleh -130 Dilihat

Oleh: Dr. Rahmat Mulyana. Dosen IAI Tazkia

XNEWS.ID – Kondisi Masyarakat Saat Ini: Masyarakat saat ini seringkali dihadapkan dengan pertanyaan tentang integritas para pemimpin dan tokohnya. Kekhawatiran muncul terkait maraknya politik uang, ketamakan berkuasa, dan ancaman-ancaman yang terkait kemerdekaan menyampaikan kebenaran. Situasi ini menciptakan keraguan dalam memilih wakil dan pemimpin yang akan mengemban amanah rakyat.

Pesan Al-Quran: Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk selalu bertakwa kepada Allah dan memilih untuk bersama dengan orang-orang yang benar dan jujur, sebagaimana firman Allah dalam Surat At-Taubah ayat 119: Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tetaplah bersama orang-orang yang benar!

Ayat ini mengingatkan kita untuk tidak bersama dengan orang-orang yang berkhianat, yang pura-pura benar, dan yang menggunakan berbagai alasan untuk membenarkan tindakan mereka. Merekayasa hukum sehingga menguntungkan mereka, berat sebelah dan tidak menegakkan keadilan. Yang harus dipilih adalah orang-orang yang shiddiqiin. Yang tegak lurus dan tidak bersilat adu lihai dalam menegakkan aturan meskipun itu tidak menguntungkannya.