3 Alasan Utama Penyebab Jerawat diwajah

oleh -125 Dilihat
Faktor utama penyebab jerawat. (Foto: Halodoc)

XNews.ID – Jerawat memiliki tiga penyebab: kelenjar sebaceous (minyak) yang terlalu aktif, pelepasan sel kulit mati yang tidak normal , dan produksi yang cepat ( proliferasi) . bakteri penyebab jerawat. Ketiga faktor ini harus ada agar jerawat bisa muncul.

Dilansir dari Vogue India, Sabtu (3/2/2024), faktor-faktor ini tidak berhubungan dengan apa yang Anda makan atau rutinitas perawatan kulit Anda. Itu karena faktor-faktor yang tidak dapat Anda kendalikan, seperti gen , berkontribusi lebih besar terhadap timbulnya jerawat dibandingkan kebiasaan Anda.

Mengapa Jerawat Terjadi?

Banyak peneliti percaya bahwa jerawat adalah suatu kondisi peradangan kulit . Secara umum, jerawat berkembang karena kulit Anda rentan terhadapnya . Anda tidak berjerawat karena Anda melakukan atau tidak melakukan hal-hal tertentu untuk mencegahnya.

Namun, ada beberapa bentuk jerawat yang disebabkan oleh faktor tertentu. Misalnya, jerawat kistik tampaknya berkaitan erat dengan hormon. Ada juga beberapa faktor yang tidak menyebabkan jerawat tetapi dapat mempersulit penanganannya.

Misalnya, kebiasaan perawatan kulit Anda tidak akan menimbulkan jerawat. Namun jarang mencuci muka, atau terlalu sering mencuci muka, bisa memicu timbulnya jerawat .

Menggunakan produk perawatan kulit dapat membantu mencegah timbulnya jerawat , namun menggunakan jenis produk yang salah untuk kulit atau menggunakan produk dengan bahan yang mengiritasi dapat menimbulkan efek sebaliknya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa jerawat dapat diperparah oleh faktor gaya hidup seperti stres dan beberapa makanan dan minuman. Namun, faktor-faktor ini tidak menyebabkan munculnya jerawat.