Hindari Konsumsi Makanan Ini Jika Anda Ingin Mempunyai Kulit yang Sehat!

oleh -71 Dilihat
Makanan buruk untuk kesehatan kulit. (Foto: babel insight)

XNews.ID – Makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda benar-benar mempengaruhi kesehatan Anda, baik secara internal maupun eksternal (pikirkan: kulit Anda). Betapapun baiknya untuk percaya bahwa Anda bisa makan semua makanan yang digoreng dan berlemak sesuka Anda tanpa mengalami dampak apa pun.

Ketika Anda gagal mengonsumsi vitamin, mineral, dan makronutrien (lemak, karbohidrat, dan protein) dengan keseimbangan yang tepat agar tubuh Anda dapat berfungsi pada kapasitas puncaknya, Anda sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi potensi masalah. Memang benar, masalah-masalah ini mungkin tidak terlalu mengganggu kehidupan Anda sehari-hari, namun dapat menyebabkan perubahan nyata pada kulit, kuku, dan rambut Anda, sehingga membuat Anda tampak dan merasa tidak terlalu berembun dan bercahaya dibandingkan yang Anda inginkan. 

Dikutip dari Health Digest, pada Sabtu (3/2/2024), berikut makanan yang harus Anda hindari untuk menjaga kesehatan kulit Anda:

1. Gula

Bahaya konsumsi gula berlebih sebenarnya bukan rahasia lagi. Anda mungkin pernah mendengar bahwa mengonsumsi gula rafinasi telah dikaitkan dengan penambahan berat badan dan sejumlah kondisi kesehatan kronis, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit hati berlemak. Mengonsumsi gula dan karbohidrat olahan secara terus-menerus – yang ditemukan dalam soda, permen, kue kering, dan kue, tetapi juga dalam makanan olahan lainnya seperti roti, minuman buah, yogurt, saus, keripik, dan biskuit – juga dapat merusak kulit Anda.

Apakah itu berarti Anda tidak bisa sesekali menikmati donat untuk sarapan atau es krim setelah makan malam? Tentu saja tidak. Kuncinya di sini adalah membatasi asupan Anda. Perhatikan jenis makanan yang Anda makan atau minum sehari-hari. Jika Anda menyadari bahwa Anda banyak minum soda atau tidak bisa menjalani hari tanpa coklat batangan di sore hari, mungkin inilah saatnya untuk berbicara dengan ahli diet tentang membersihkan pola makan Anda. Bahkan menggunakan aplikasi pelacakan makanan dapat membantu Anda mengidentifikasi sumber kelebihan gula. Anda mungkin terkejut melihat makanan mana yang Anda konsumsi yang menyebabkan lonjakan konsumsi gula.