Review ‘Argylle’: Sulit Melacak Ke Arah Mana dalam Komedi Mata-mata Catawampus karya Matthew Vaughn

oleh -124 Dilihat
ARGYLLE, Bryce Dallas Howard, dengan kucing Chip. (Foto: Variety)

XNews.ID – Setelah mendedikasikan satu dekade untuk waralaba layanan rahasia hewan peliharaannya, sutradara ‘Kingsman’ ini merekrut pemeran Amerika (dan seekor kucing lucu) dalam plot berbelit-belit yang menempatkan penulis fiksi sebagai pusat aksi.

Dilansir dari Variety, Sabtu (3/2/2024), apa yang tampak seperti berlian tetapi jika dilihat lebih dekat ternyata hanya berupa rim poliester murahan? Ya, argyle, tentu saja – pola rapi yang ditemukan pada kaus kaki dan sweter, dan nama yang tepat untuk mata-mata kooky terbaru dari Matthew Vaughn.

Mantan sutradara “Kick-Ass” ini telah lama terjebak dalam mode “Kingsman” (sudah berlangsung selama satu dekade) hingga rasanya seperti kita telah kehilangan dia selamanya dalam kartun live-action semacam itu, menjejali Gen Z James Bond riff dengan musik disko dan kejahatan layar hijau yang berlebihan.

“Argylle” menawarkan serangkaian karakter yang benar-benar baru, tetapi tetap berpegang pada estetika Vaughn yang dilebih-lebihkan oleh CG ketika novelis mata-mata Elly Conway (Bryce Dallas Howard) ditarik ke dalam skema yang hampir identik dengan skema yang dia gambarkan dalam seri buku terlarisnya.

Dia menemukan karakter bernama Agen Argylle (Henry Cavill, tampak konyol dalam jaket Nehru dan tatanan rambut setinggi langit) yang mengungkap divisi rahasia agen jahat, yang secara kreatif diberi nama Divisi. Plot itu sangat dekat dengan kenyataan – atau versi catawampus dari kenyataan film – sehingga agen jahat keluar dari kayu untuk melenyapkan Elly.

Jika garis besar naskah Jason Fuchs tampaknya dipinjam langsung dari film petualangan bercitarasa bubur kertas seperti “The Lost City” dan “Romancing the Stone,” atau satir memoar mata-mata “Hopscotch” dan “Burn After Reading, ” Itu tidak meniadakan fakta bahwa mereka memberikan cara yang cukup menyenangkan bagi Vaughn untuk menempatkan protagonis wanita di tengah-tengah genre yang biasanya banyak mengandung testosteron. (Ada banyak wanita dalam film Kingsman-nya, tapi sebagian besar tetap merupakan permainan pria).