Simak Begini Faktok Penyebab Mata Panda

oleh -127 Dilihat
Penyebab mata panda. (Foto: Alodokter)

XNews.ID – Lingkaran hitam di bawah mata, sering disebut sebagai ‘mata panda’, merupakan kekhawatiran umum yang dialami banyak orang. Bertentangan dengan anggapan umum, area bawah mata yang gelap ini bukan semata-mata akibat kurang tidur. Faktanya, ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap terbentuknya lingkaran hitam, menjadikannya masalah yang memiliki banyak aspek.

Dilansir dari centre for surgery, Sabtu (3/2/2024), penting untuk menyadari bahwa kulit di bawah mata kita sangat halus dan tipis, sehingga perubahan warna menjadi lebih terlihat. Berbagai faktor dapat menyebabkan perubahan warna ini.

Apa Penyebab Lingkaran Hitam di Bawah Mata?

Meningkatkan Kualitas Tidur untuk Melawan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Tidur yang cukup berperan penting dalam mencegah dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, yang biasa disebut dengan ‘mata panda’. Masalah ini terutama terjadi pada anak-anak usia sekolah dan individu dari segala usia yang mengalami kurang tidur. Mengatasi kebiasaan tidur Anda sangat penting jika Anda menyadari bahwa lingkaran hitam Anda menjadi lebih jelas karena kurang tidur.

Solusi utama untuk masalah ini sangatlah mudah – memprioritaskan dan menambah durasi tidur Anda. Namun, menerapkan hal ini mungkin memerlukan beberapa penyesuaian gaya hidup. Salah satu strategi utamanya adalah menciptakan rutinitas sebelum tidur yang menenangkan. Artinya mematikan perangkat elektronik minimal 15 menit sebelum tidur untuk menghindari keasyikan dan rangsangan mental. Daripada melakukan aktivitas seperti memeriksa email atau media sosial, berikan diri Anda waktu relaksasi, bebas dari tugas yang menuntut mental.