Kominfo Fasilitasi Kebutuhan Akses Internet 3T Untuk Penyelenggaraan Pemilu

oleh -346 Dilihat

XNEWS.ID – Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) siapkan dukungan infrastruktur digital dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak 2024. Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo memfasilitasi kebutuhan akses internet di wilayah terluar, tertinggal dan terdepan (3T) untuk penyelenggara Pemilu.

“BAKTI Kominfo bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat maupun daerah juga telah berkoordinasi memetakan wilayah-wilayah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang belum terjangkau akses internet,” jelas Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo, Fadhilah Mathar, Minggu (04/02/24).

Menurut Fadhilah Mathar, pihaknya menerima usulan sekitar 80.000 titik penyediaan akses internet dari KPU.

“Sekitar 80.000 lokasi TPS yang membutuhkan akses internet. Itu data usulan dari KPU dan kami sudah melakukan pemetaan bersama,” jelasnya.

Ia menjelaskan kombinasi solusi teknologi akan menjadi strategi untuk menyediakan akses internet di wilayah yang sangat kritis diperlukan oleh KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bisa tersedia sesuai kapasitas yang dibutuhkan.