Kominfo Fasilitasi Kegiatan Sulih Bahasa Isyarat di Debat Terakhir Capres 2024

oleh -269 Dilihat

XNEWS.ID – Para penyandang disabilitas tuna rungu atau teman tuli mengapresiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang telah memfasilitasi kegiatan sulih bahasa isyarat pada debat calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, termasuk debat kelima atau debat terakhir (pamingkas) Capres, Minggu (4/2/2024).

Pengurus Pusat Bahasa Isyarat Indonesia (Pusbisindo) Kesumo Yoga Prawira menyatakan bahwa fasilitas itu sangat bermanfaat sekali untuk teman-teman tuli yang menyaksikan Debat Capres dan Cawapres Pemilu 2024.

“Sebab sebelumnya yang ditampilkan di televisi nasional itu kolom untuk juru bahasa isyarat sangat kecil. Namun dengan fasilitas yang diberikan saat ini ada tiga juru bahasa isyarat yang lengkap dengan teksnya,” kata Kesumo Yoga Prawira saat menyaksikan Debat Kelima Pilpres 2024 di Ruang Rapat Maladi, Kominfo Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Dengan fasilitas itu, jelas dia, teman- teman tuli yang menyaksikan debat capres dan cawapres bisa lebih memahami apa yang dibahas atau dipaparkan oleh setiap pasangan calon.

Sekaligus menambah wawasan teman-teman tuli terkait istilah-istilah baru yang sulit dipahami.

“Jadi ketika ada pemandu acara (MC) yang menjelaskan, akan diperjelas dengan teks yang ditampilkan sehingga istilah-istilah baru itu bisa diterima oleh teman-teman tuli sebagai informasi tambahan yang mereka dapat,” terang dia.

Fasilitas itu diharapkan tidak hanya berhenti dalam program debat Capres dan Cawapres. Melainkan di program-program lain yang bisa bermanfaat untuk teman- teman tuli.