Bongkar Mitos Misteri Babi Ngepet!

oleh -100 Dilihat

Oleh: KRH Aryo Gus Ripno Waluyo, SE, SP.d, S.H, C.NSP, C.CL, C.MP, C.MTh *)

XNEWS.ID – Babi ngepet digambarkan sebagai sosok jelmaan manusia yang berubah wujud pada malam hari dan menjadi babi untuk mencuri uang. Cara ini terkesan tidak logis, historis babi ngepet adalah usaha yang menantang. istilah babi ngepet mulai muncul sejak masa Cultuurstelsel atau tanam paksa pada 1830-1870.

Sejak pemberlakuan tanam paksa banyak orang-orang kaya baru di kalangan masyarakat Jawa. Mereka umumnya para pedagang dari kaum pribumi atau Tionghoa yang menjadi kaya raya dalam sekejap.

Babi ngepet jadi alternatif masyarakat memperoleh kekayaan. Babi ngepet ini digambarkan sebagai siluman babi yang berasal dari gunung dan bisa mengambil uang orang dengan hanya menggesek-gesekan tubuhnya pada dinding rumah.

Para petani yang hidupnya sederhana tiba-tiba kaget melihat ada orang yang tiba-tiba kaya dalam sekejap. Alhasil, mereka menuduh orang kaya tersebut mendapatkan harta dari cara yang tidak benar, yakni babi ngepet,

Kondisi ini menimbulkan keheranan di tengah masyarakat petani yang hidupnya sederhana. Pada titik inilah, imajinasi masyarakat petani bermain.