Cara Mencuci Jeans dalam Tiga Langkah Dasar yang Perlu Anda Ketahui

oleh -82 Dilihat
Tips merawat celana jeans. (Foto: Pinterest)

XNews.ID – Dulunya dianggap sebagai pakaian kerja dasar dan tahan lama, jeans kini hadir dalam beragam gaya dan warna. Meskipun Anda harus selalu memeriksa petunjuk perawatan sebelum mencuci atau mengeringkan jeans, ada beberapa langkah sederhana yang dapat diterapkan pada semua jenis denim.

Dilansir dari Whirlpol, Senin (5/1/2024), berikut ini tiga langkah dasar untuk merawat celana jeans:

Langkah 1: Gunakan siklus halus atau lembut

Denim mungkin tampak seperti bahan yang keras, tetapi bukan berarti Anda harus memilih siklus pencucian yang berat. Sebaliknya, pilihlah siklus yang halus atau lembut, dan gunakan air dingin agar tidak menyusut atau memudar. Pilihlah deterjen yang lembut, terutama yang dibuat khusus untuk pakaian berwarna gelap jika jeans Anda berwarna biru atau hitam.

Langkah 2: Cuci jeans bagian dalam ke luar dan sendiri

Balikkan jeans Anda saat mencucinya untuk membantu melindungi serat di bagian luar jeans dari gesekan dan paparan langsung deterjen, sehingga membantu mencegah pemudaran. Namun, tidak jarang jeans mengalami lunturnya pewarna, apalagi jika masih baru. Sebelum Anda membuang jeans Anda ke binatu, bacalah petunjuk perawatannya untuk mengetahui apakah Anda harus mencucinya secara terpisah terlebih dahulu. Jika Anda harus mencuci jeans Anda dengan pakaian lain, usahakan untuk mencucinya dengan jeans atau pakaian yang berwarna serupa.

Langkah 3: Gantung jeans Anda di tempat yang kering atau gunakan siklus tanpa panas

Mengekspos jeans Anda ke panas langsung di pengering dapat membuat denim menyusut, memudar atau menguning, dan juga dapat menyebabkan kerusakan pada kain denim stretch yang mengandung spandeks atau Lycra. Jika Anda perlu menggunakan pengering, pilih siklus panas rendah atau tanpa panas dan gunakan bola pengering untuk menjaga jeans Anda tetap berjatuhan.

Cara terbaik untuk mengeringkan jeans adalah dengan menggantungnya di udara kering:

Lepaskan jeans selagi masih sedikit lembap, lalu regangkan jahitannya dan gantung hingga benar-benar kering. Setelah benar-benar kering, Anda bisa menggantung atau melipat jeans Anda untuk disimpan di laci atau rak.

Tip pembersihan: Mencuci pakaian dengan tangan dapat menjadi cara yang bagus untuk menjaga keutuhan bahan dari waktu ke waktu, baik saat Anda mencuci topi baseball , cucian halus, atau bahkan jeans Anda.