Anda Merasa Kesepian? Simak Penjelasan tentang Penyebab, Akibat Kesehatan, dan Cara Mengatasinya

oleh -99 Dilihat
Tips mengatasi kesepian. (Foto: Pinterest)

XNews.ID – Meskipun definisi umum tentang kesepian menggambarkannya sebagai keadaan menyendiri atau sendirian, kesepian sebenarnya adalah keadaan pikiran. Kesepian menyebabkan orang merasa hampa, sendirian, dan tidak diinginkan. Orang yang kesepian sering kali mendambakan kontak antarmanusia, tetapi keadaan pikiran mereka membuat mereka lebih sulit menjalin hubungan dengan orang lain.

Artikel ini membahas tentang penyebab, konsekuensi kesehatan, gejala, dan kemungkinan pengobatan untuk kesepian yang dikutip dari Very Well Mind, Senin (6/2/2024).

Penyebab Kesepian

Faktor yang berkontribusi terhadap kesepian mencakup variabel situasional, seperti isolasi fisik, pindah ke lokasi baru, dan perceraian. Kematian seseorang yang berarti dalam hidup seseorang juga dapat menimbulkan perasaan kesepian.

Selain itu, ini bisa menjadi gejala gangguan psikologis seperti depresi. Depresi sering kali menyebabkan orang menarik diri dari pergaulan, yang dapat berujung pada isolasi. Penelitian juga menunjukkan bahwa kesepian bisa menjadi faktor yang berkontribusi terhadap gejala depresi.