12 Organisasi Sosial Disabilitas Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

oleh -100 Dilihat

Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran/Ketua Dewan Penasehat Prabowo-Gibran Digital Team (PRIDE) Hashim Djojohadikusumo dan Sahabat Disabilitas untuk Prabowo-Gibran. Bergerak Bersama untuk Indonesia yang Inklusif dan Setara. (PRIDE) di Jakarta, Selasa (06/02/24).

Jakarta, – Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat berbunyi “Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.” Berdasarkan amanat UUD 1945, Presiden Republik Indonesia harus melindungi semua komponen bangsa di Indonesia, termasuk penyandang disabilitas.

Para penyandang disabilitas memilih hak suara seperti warga negara Indonesia lainnya dalam Pemilu 2024, dimana jumlah pemilih disabilitas mencapai 1.101.178 orang. Jumlah ini setara dengan 0,54 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024.

Pemilih yang menyandang disabilitas fisik paling banyak. Jumlahnya sebanyak 482.414 orang atau setara dengan 43,81 persen pemilih disabilitas.

Ada pula pemilih yang disabilitas sensorik dengan jenis tunawicara dan tunanetra. Jumlah pemilih disabilitas ini tersebut sebanyak 298.749 orang. Sebanyak 264.594 pemilih merupakan disabilitas mental. Kemudian, pemilih penyandang disabilitas intelektual tercatat sebanyak 55.421 orang.

“Para sahabat disabilitas setara dengan kita semuanya, punya hak yang sama dan kedudukannya sama dimata hukum pemilu. Oleh sebab itu Relawan PRIDE dan RUTE berkolaborasi dan berkomitmen untuk bergerak bersama memastikan haknya tersalurkan dan memilih Prabowo-Gibran di 14 Februari 2024 nanti untuk Indonesia Maju,” ujar Anthony Leong Koordinator Nasional Prabowo-Gibran Digital Team (PRIDE), Jakarta, Selasa, 6 Februari 2024

Komitmen Prabowo untuk penyandang disabilitas bukan sekadar janji-janji manis belaka, melainkan sudah dibuktikan.

Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran/Ketua Dewan Penasehat Prabowo-Gibran Digital Team (PRIDE) Hashim Djojohadikusumo pun menceritakan bukti yang dilakukan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dalam memperjuangkan komunitas disabilitas di Indonesia.

Dalam acara “Sahabat Disabilitas untuk Prabowo-Gibran: Bergerak Bersama untuk Indonesia yang Inklusif dan Setara” bertempat di Hotel Ambhara, Jakarta, Selasa, 6 Februari,