5 Manfaat Jus Jeruk yang Mengejutkan Bagi Kesehatan

oleh -140 Dilihat
Manfaat jus jeruk. (Foto: Pinterest)

XNews.ID – Jus jeruk secara alami kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan potasium. Varietas komersial sering kali juga diperkaya dengan kalsium dan vitamin D. Namun, terdapat kontroversi mengenai apakah hal tersebut berkontribusi terhadap pola makan yang sehat atau tidak.

Dikutip dari Healthline, Rabu (7/2/2024), jus jeruk dinikmati di seluruh dunia. Itu dibuat dengan memeras jeruk untuk diambil sarinya, baik dengan tangan atau menggunakan metode komersial.

Berikut 5 manfaat jus jeruk bagi kesehatan.

1. Kaya akan Beberapa Nutrisi Penting

Jus jeruk kaya akan banyak nutrisi, termasuk vitamin C, folat, dan potasium.

Satu porsi jus jeruk berukuran 8 ons (240 ml) menyediakan sekitar (1):

– Kalori: 110

– Protein: 2 gram

– Karbohidrat: 26 gram

– Vitamin C: 67% dari Referensi Asupan Harian (RDI)

– Folat: 15%

– Kalium: 10%

– Magnesium: 6%

Jus jeruk merupakan sumber terkonsentrasi vitamin C , vitamin yang larut dalam air yang berfungsi ganda sebagai antioksidan kuat dan memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C membantu meningkatkan pembentukan tulang, penyembuhan luka, dan kesehatan gusi.

Jus jeruk juga kaya akan folat , yang dibutuhkan untuk sintesis DNA dan mendukung tumbuh kembang janin. Belum lagi, ini merupakan sumber mineral potasium yang sangat baik, yang mengatur tekanan darah, mencegah pengeroposan tulang, dan melindungi dari penyakit jantung dan stroke.