Hidayat Nur Wahid Sesalkan Intimidasi Pemberian Bansos Untuk Memilih Calon Tertentu

oleh -127 Dilihat

XNEWS.ID – Komisi VIII DPR RI menerima laporan warga para penerima bantuan sosial (bansos) yang diintimidasi untuk memilih calon tertentu. Apabila si penerima bansos tidak memilih calon yang dimaksud maka hak penerima bansos tersebut akan dicabut.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi VIII DPR RI Hidayat Nur Wahid menyatakan, hal tersebut sangat bertentangan dengan prinsip diberikannya bansos.

Bansos diberikan bukan untuk menyandera warga penerima bansos, bansos diberikan untuk betul-betul membuktikan kehadiran negara melindungi seluruh rakyat Indonesia, kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/2).

Menurut Hidayat, dana dari bansos bukan berasal dari dana milik pejabat atau kelompok politik tertentu, melainkan milik negara melalui APBN untuk diberikan kepada seluruh warga negara yang memang berhak menerimanya.

Karenanya saya ikut mengkritisi mengapa justru pihak Komisi VIII DPR tidak dilibatkan, bahkan Kementerian Sosial (Kemensos) juga tidak dillibatkan. Bahkan dalam proses pembagiannya juga tidak kelihatan Komisi VIII DPR ada di sana, tutur Wakil Ketua DPR RI ini.

Padahal, lanjut Hidayat, urusan sosial merupakan domain Menteri Sosial (Mensos) yang merupakan mitra Komisi VIII DPR RI.