Menyedekahkan Uang Temuan, Bolehkah?

oleh -131 Dilihat
Hukum menyedekahkan uang temuan. (Foto: merdeka)

XNews.ID – Pernahkan Anda menemukan uang dijalan? Mungkin bagi sebagian orang, hal itu merupakan keberuntungan. Namun sebagian orang juga menganggap itu adalah hal yang haram. Karena kita tidak tau hukum dadi uang tersebut. Lalu, bagaimanakah jika uang temuan itu disedekahkan?

Dikutip dari Nu Online, pada Rabu (7/2/2024), menurut Syekh Zakariya dalam kitabnya Asnal Mathalib status uang yang ditemukan sebagaimana ditanyakan adalah luqathah atau barang temuan.

تَنْبِيهٌ قَالَ الْقَفَّالُ: وَإِذَا وَجَدَ دِرْهَمًا فِي بَيْتِهِ لَا يَدْرِي أَهُوَ لَهُ، أَوْ لِمَنْ دَخَلَ بَيْتَهُ فَعَلَيْهِ تَعْرِيفُهُ لِمَنْ يَدْخُلُ بَيْتَهُ كَاللُّقَطَةِ أَيْ الْمَوْجُودَةِ فِي غَيْرِ بَيْتِهِ

Artinya: “(Perhatian) Al-Qaffal berkata: “Apabila orang menemukan dirham di rumahnya sedangkan ia tidak mengetahui apakah dirham tersebut miliknya atau orang lain yang masuk ke rumahnya, maka ia harus mengumumkan kepada orang-orang yang masuk ke rumahnya sebagaimana luqathah yang ditemukan di selain rumahnya.” (Al-Anshari, Asnal Mathalib, juz II halaman 490).