Bagaimana Kriteria Promosi dalam Islam?

oleh -78 Dilihat
Promosi dalam Islam. (Foto: nu online)

XNews.ID – Promosi dalam dunia pemasaran adalah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang ataupun perusahaan kepada masyarakat luas. Tujuan promosi ini sendiri sebenarnya adalah untuk memperkenalkan merek, produk, atau perusahaan kepada masyarakat sekaligus dapat mempengaruhi mereka untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa tersebut.

Promosi yang dilakukan oleh Rasulullah SAW lebih mengutamakan pada hubungan dengan pelanggan, meliputi penampilan yang menawan, membangun hubungan niaga, mengutamakan keberkahan, memahami pelanggan, mendapatkan kepercayaan, pelayanan yang baik, mewujudkan hubungan yang bersifat pribadi, tanggap terhadap masalah, Keadilan, menciptakan perasaan satu komunitas dan menawarkan pilihan.

Dikutip dari Bincang Syariah, pada Sabtu (10/2/2024), konsep umum dari jual beli adalah saling rela antara pihak penjual dan pembeli. Itu artinya, selama kerelaan di antara mereka berdua masih melekat maka tidak ada persoalan. Hal ini disampaikan Nabi Muhammad Saw, yang dikutip dalam kitab al-Najmu al-Wahhaj fi Syarh al-Minhaj, juz IV, halaman 9:

وروى ابن حبان وابن ماجه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: (إِنَّمَا الْبَيْعُ عَنْ تَرَاضٍ).

“Ibnu Habban dan Ibnu Majah meriwayatkan bahwa Nabi bersabda: (Sesungguhnya jual beli itu harus saling rela).”