Ada Kepentingan Pemilu 2024 di Program Food Estate Partisipatif Sumedang*

oleh -92 Dilihat

XNEWS.ID – Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono menduga, ada kepentingan politik untuk Pemilu 2024 di balik program food estate partisipatif yang digagas Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman.

Ono mengatakan, bila benar program Satu Hektare Buruh Tani Bangkit atau Satu Desa Satu Hektare (Starbak) yang merupakan aktualisasi food estate partisipatif dengan budidaya padi dan jagung untuk swasembada pangan. Maka luas lahan satu hektare satu desa, masih sangat kurang dalam memenuhi kebutuhan pangan di desa tersebut.

Sementara saya menganggap bahwa (program Starbak) project politik untuk kepentingan Pemilu 2024. Menteri Pertanian (Andi Amran) kan terus keliling, bertemu dengan petani untuk mengklarifikasi kasus food estate yang gagal di Kalimantan, ujar Ono dalam keterangan yang diterima, Minggu (11/2).

Belum lagi persoalan lain, lanjutnya, bila yang dimaksud dalam program tersebut adalah dengan membuka lahan baru. Harus ada pertimbangan yang matang kata Ono, agar jangan sampai berdampak terjadinya kerusakan lingkungan, bahkan bencana banjir dan longsor.