Survei Roy Morgan: Jelang Kampanye Akhir, Elektabilitas Prabowo Mendekati Kemenangan Satu Putaran

oleh -82 Dilihat

Jakarta, – Hasil survei terbaru dari Roy Morgan mengenai elektabilitas calon presiden (capres) di Pilpres 2024 menunjukkan capres Prabowo Subianto berada di ambang kemenangan satu putaran. Elektabilitas Prabowo menyentuh 46% dan terus berada dalam tren peningkatan.

Survei Roy Morgan dilakukan pada Januari 2024 dengan 1.267 pemilih Indonesia berusia 17 tahun. Elektabilitas Prabowo yang menyentuh 46%, naik 3% dari survei pada Desember 2023.

“Hasil survei Roy Morgan terbaru menunjukkan kandidat presiden terdepan, Prabowo meningkatkan peluang untuk memenangi pilpres yang akan digelar pekan depan. Prabowo juga berada dalam jangkauan untuk meraih kemenangan dengan mayoritas suara (lebih dari 50%),” kata Direktur Roy Morgan Indonesia, Ira Soekirman.

Berdasarkan survei Roy Morgan, jarak Prabowo dengan pesaing terdekatnya juga melebar. Posisi kedua ditempati Anies Baswedan dengan perolehan 31% (naik 7% dari survei Desember). Jarak Prabowo dan Anies yang mencapai 15%, lebih besar dari selisih di bulan Desember yang mencapai 13%.