Jangan Sampai Terlewat, Bantuan Rp50 Juta Untuk Komunitas Penggerak Literasi

oleh -111 Dilihat

XNEWS.ID – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra menyelenggarakan Bantuan Pemerintah untuk Komunitas Penggerak Literasi di seluruh wilayah Indonesia.

Mengutip laman Badan Bahasa Kemdikbud, Senin (11/2), bantuan yang diberikan berupa Dukungan Kegiatan yang akan disalurkan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) kepada 340 Komunitas Penggerak Literasi untuk mengembangkan literasi baca-tulis di wilayahnya.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan peran komunitas penggerak literasi sebagai wadah yang bisa menumbuhkan dan menggiatkan minat baca tulis masyarakat. Selain itu, diharapkan komunitas penggerak literasi penerima dapat semakin berkembang, tulis laman tersebut.

Kategori komunitas literasi yang bisa menerima bantuan ini yakni taman bacaan masyarakat, rumah baca, komunitas penggerak literasi, atau komunitas sejenis yang bergerak di bidang literasi.

Komunitas penggerak literasi adalah sebuah kelompok atau jaringan individu yang memiliki minat dan tujuan bersama dalam upaya peningkatan literasi bagi masyarakat.

Di samping hal itu, upaya mengatasi masalah rendahnya tingkat literasi di suatu daerah atau kelompok tertentu berusaha difokuskan oleh komunitas penggerak literasi.

Tujuan dibentuknya komunitas penggerak literasi adalah menciptakan lingkungan yang individu-individunya memiliki akses terhadap sumber daya literasi, seperti artikel, buku-buku, majalah, dan bahan bacaan lainnya.

Komunitas penggerak literasi juga berusaha untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berpikir kritis di kalangan masyarakat.

Berikut cara mendaftarnya:

Persyaratan umum

Warga negara Indonesia (WNI)

Memiliki komitmen dan dedikasi terhadap peningkatan kecakapan literasi baca-tulis di masyarakat, dibuktikan dengan dokumen profil Komunitas Penggerak Literasi yang memuat lampiran karya/sertifikat/dokumen lain, termasuk foto, tautan video, atau dokumentasi lain

Tidak sedang menerima pendanaan pada objek dan peruntukan yang sama pada tahun yang sama dari pihak lain yang dana bantuannya bersumber dari APBN/APBD yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan bermeterai

Tidak berafiliasi dengan dan/atau mendukung organisasi terlarang dan/atau organisasi kemasyarakatan yang dicabut status badan hukumnya

Tidak berafiliasi dengan partai politik

Tidak pernah terlibat dalam kegiatan yang mengandung unsur SARA, bertentangan dengan Pancasila, atau kegiatan lainnya yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat dan peraturan yang berlaku yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan bermeterai