KBRI Moskow bersama FSWI Gelar Perayaan 74 Tahun Hubungan Diplomatik RI dan Rusia

oleh -248 Dilihat
XNEWS.ID – Di tengah cuaca dingin kota Moskow, pada Rabu (7/2) KBRI Moskow bersama Friendship Society with Indonesia (FSWI) menggelar perayaan 74 tahun pembukaan hubungan diplomatik Indonesia dan Rusia di restoran Caspian di kawasan elit Stariy Arbat, Moskow.
Kegiatan ini dihadiri 150 undangan, diantaranya pejabat Kemlu Rusia dan Pemkot Moksow, pejabat Dewan Federasi Rusia, anggota FSWI, akademisi, Indonesianis, penggiat seni budaya, wakil dari Permira Moskow (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Rusia), dan staf KBRI.
Dubes RI dalam sambutannyamenyebut, persentuhan Rusia dengan Indonesia dimulai saat Tsar Nicholas II berkunjung ke Hindia Belanda dan menugaskan Modest Bakunin sebagai Konsul Jenderal pertama dan satu-satunya Rusia di Batavia pada 1894.
Pada 1946 wakil Uni Soviet mengangkat Indonesias Question di DK-PBB yang berujung pada pengakuan Belanda atas kedaulatan Indonesia, ujar Dubes Tavares.
Dijelaskannya, Menlu RIS Muhammad Hatta pada 3 Februari 1950 membalas positif telegram Menlu USSR Andrey Vysinsky yang memberi pengakuan Uni Soviet atas kemerdekaan Indonesia dan undangan menjalin hubungan diplomatik. Pada 1954 kedua negara mebuka kantor perwakilan diplomatik di masing-masing negara.