Mitos Buaya Putih Jelmaan Siluman

oleh -100 Dilihat

Oleh: KRA Arya Natakusuma Cakrahadiningrat *)

XNEWS.ID – Mitos yang berkembang dan dipercaya masyarakat Indonesia adalah buaya putih. Kemunculan buaya putih yang dipercaya sebagai jelmaan siluman ini dipercaya merupakan pertanda akan adanya tumbal yang akan meninggal di sungai.

Keberadaan buaya putih di beberapa tempat disebut-sebut sebagai jelmaan manusia atau siluman. Sehingga, jika ada orang yang melihat buaya putih hal tersebut dapat diartikan bahwa mereka meminta tumbal. Dipercaya masyarakat setempat bahwa kemunculan buaya putih merupakan pertanda jelek dan adanya kematian di sekitaran.

Siluman dalam berbagai cerita rakyat adalah makhluk halus yang tinggal dalam komunitas dan menempati suatu tempat. Mereka melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari layaknya manusia biasa. Jauhi Lokasi Air. Tanyakan kepada penduduk setempat di mana buaya tinggal dan jangan berenang di luar daerah yang ditentukan.

Sadar dengan Lingkungan. Jika Anda akan berada di dalam atau di sekitar air tempat buaya tinggal, Anda harus tetap waspada. Terkenal dengan mitosnya sebagai Jelmaan Siluman, Di Indonesia, buaya putih terkenal dengan mitosnya sebagai jelmaan siluman.

Mitos soal buaya putih di Indonesia, misalnya di sungai Brantas Kediri, cerita berkembang tentang munculnya buaya yang satu ini. Buaya putih juga dipercaya menjadi penunggu Bendungan Barungbug di Jawa Barat. Konon melalui orang yang kesurupan di darah tersebut, penunggu bendungan memperingatkan agar pengunjung jangan berbuat tidak senonoh atau mengotori sekitar bendungan.