Perbaikan Darurat Tanggul Sungai Wulan di Demak, Ini Penjelasan Menteri PUPR

oleh -73 Dilihat
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau tanggul Sungai Wulan di Kabupaten Demak tang jebol. (Foto: Dok Kemenpupr)

XNews.ID (Demak) – Proses perbaikan tanggul Sungai Wulan di Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah sedang dilakukan. Terkait hal itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengintruksikan agar perbaikan darurat tanggul yang jebol akibat hujan lebat pada 3 hingga 5 Februari 2024 lalu dapat selesai dalam tiga hari ke depan.

“Untuk penanganan tanggul jebol ini sudah diturunkan 4 unit excavator dan 3 unit excavator amfibi 3. Ditargetkan dalam 3 hari ini, tanggul sudah bisa ditutup. Sudah disiapkan juga 12 pompa berkapasitas 5m3/detik untuk mengurangi genangan dan kita akan tambah pompa lagi supaya lebih cepat mengurangi luasan dan tinggi genangan air di wilayah terdampak,” kata Basuki saat meninjau lokasi tanggul yang jebol, dikutip dari laman Kemenpupr, Selasa (13/2/2024).

Dikatakan Basuki, untuk penanganan banjir di sekitar Kudus dan Demak, sudah akan segera dimulai peningkatan kapasitas Rumah Pompa Drainase Kencing yang masuk ke Sungai Wulan dan normalisasi Sungai Wulan sepanjang 22 km yang akan mulai dikerjakan pada tahun anggaran 2024-2026 ini.

“Pada April 2024 ini kita akan mulai normalisasi Sungai Wulan bagian hilir,” kata Basuki.