Microsoft & OpenAI Merencanakan Superkomputer Stargate AI Senilai USD100 Miliar

oleh -90 Dilihat
Superkomputer. (Foto: Gizmochina)

XNews.ID – Menurut laporan The Information, Microsoft dan OpenAI dilaporkan merencanakan proyek pusat data bersama yang biayanya bisa mencapai USD100 miliar. Proyek ini dikatakan akan mencapai puncaknya pada peluncuran superkomputer kecerdasan buatan raksasa bernama “Stargate” pada tahun 2028.

Dikutip dari Gizmochina, Rabu (3/4/2024), rencana ambisius ini muncul di tengah meningkatnya kebutuhan akan pusat data AI yang dapat menangani tugas-tugas yang semakin kompleks. Munculnya teknologi AI generatif merupakan pendorong utama di balik permintaan ini.

Microsoft diperkirakan akan menanggung sebagian besar beban keuangan untuk proyek tersebut, menurut sumber yang mengetahui diskusi tersebut. Anggaran proyek ini diperkirakan 100 kali lebih mahal dibandingkan operasional pusat data saat ini.

Superkomputer tersebut, yang akan berlokasi di Amerika Serikat, akan menjadi inti dari inisiatif multi-fase yang berlangsung selama enam tahun. Proyek ini dilaporkan dibagi menjadi lima fase, dengan Stargate mewakili tahap akhir. Saat ini, Microsoft sedang mengembangkan superkomputer yang lebih kecil untuk OpenAI, yang dijadwalkan dirilis pada tahun 2026.