Sering Disebut Pancingan Ini Dia Penyebab Sakit Tenggorokan

oleh -84 Dilihat
Mengatasi sakit tenggorokan. (Foto: aladokter)

XNews.ID – Odynophagia atau tenggorokan sakit saat menelan merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Kondisi ini dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman sehingga kerap mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari Siloam Hospital, Rabu (3/4/2024), Sakit tenggorokan saat menelan bisa disebabkan karena kondisi medis tertentu, salah satunya adalah radang amandel. Mari kenali berbagai penyebab tenggorokan sakit saat menelan dan cara mengatasi hal tersebut melalui ulasan di bawah ini.

Berbagai Penyebab Tenggorokan Sakit saat Menelan

Terdapat sejumlah kondisi yang dapat membuat seseorang mengeluhkan tenggorokan sakit untuk menelan, di antaranya adalah radang tenggorokan, kandidiasis mulut, luka di sekitar tenggorokan, penyakit asam lambung, radang amandel, dan lain sebagainya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Radang Tenggorokan (Faringitis)

Penyebab tenggorokan sakit saat menelan yang paling sering ditemukan adalah radang tenggorokan (sore throat) atau faringitis. Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah infeksi bakteri Streptococcus, infeksi virus, ataupun reaksi alergi terhadap zat-zat tertentu dari lingkungan, seperti asap rokok, polusi udara, debu, atau serbuk sari dari tanaman.

Selain sakit tenggorokan saat menelan, faringitis biasanya juga disertai dengan gejala lainnya, seperti pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher, pembengkakan amandel, demam, dan munculnya bercak berwarna putih kekuningan di atas permukaan tenggorokan.