Antisipasi Arus Mudik Lebaran, Jembatan Kaligawe Tol Semarang – Demak Seksi 1A Dikebut

oleh -72 Dilihat
Pembangunan proyek Jalan Tol Semarang – Demak Seksi 1A, Semarang. (Foto: Dok PT Hutama Karya)

XNews.ID (Semarang) – PT Hutama Karya terus mempercepat pembangunan proyek Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 1A, Semarang. Hingga akhir Maret 2024, progresnya telah mencapai 31,47%.

Dikutip dari KabarBUMN, Kamis(4/4/2024), Hutama Karya mengerjakan tiga bagian pada Seksi 1A, yaitu jembatan Kaligawe, approach (jembatan peralihan dari jembatan Kaligawe menuju jalan layang) serta elevated (struktur tol jalan layang) sepanjang 1,75 km.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menambahkan, “Proyek ini berjalan dengan progres signifikan dari rencana awal dan ditargetkan selesai pada April 2025 mendatang dan nantinya difungsikan untuk memperlancar lalu lintas serta mencegah banjir rob di kawasan Kaligawe dan Sayung.”

Lebih lanjut Adjib menjelaskan, pekerjaan yang sudah selesai hingga saat ini adalah pembangunan jembatan Kaligawe beserta jalan aksesnya (oprit) dan area bawah jembatan termasuk tikungan bawah jembatan yang kerap tergenang akibat banjir.

Sedangkan pekerjaan yang masih berlangsung pada area jembatan Kaligawe yakni jalan masuk dan keluar tol Semarang ABC, pelebaran akses jalan Kaligawe, dan transisi struktur eksisting.