Pengertian Dan Tugas Konsultan Hukum Perusahaan

oleh -269 Dilihat
Oleh: KRH Aryo Gus Ripno Waluyo, SE, SP.d, S.H, C.NSP, C.CL, C.MP, C.MTh *)
XNEWS.ID – Konsultan hukum adalah orang yang memberikan nasehat atau melaksanakan tugas non-litigasi. Sedangkan advokat selain bisa berfungsi sebagai konsultan hukum atau non-litigasi, bisa juga mewakili kliennya dalam persidangan alias litigasi.
Secara sederhana, yang dimaksud dengan Konsultan Hukum Perusahaan adalah orang yang memberikan konsultasi terkait hukum kepada perusahaan.
Konsultan Hukum adalah seorang ahli hukum yang berperan sebagai penasihat bagi kliennya. Mereka membantu klien dalam memahami hukum.
Konsultan Hukum Perusahaan berguna untuk memberikan petunjuk, arahan, serta solusi terkait masalah hukum yang ada di perusahaan Anda atau bahkan memberikan petunjuk untuk mencegah agar tidak terjadi masalah hukum di perusahaan.
Tugas konsultan hukum perusahaan misalnya mencakup:
– Memberikan pendapat, nasihat/advis hukum kepada Perusahaan Anda terhadap perkara yang dihadapi Perusahaan baik perkara perdata, pidana, pertanahan, property, kepailitan, hak atas kekayaan intlektual, sengketa tata usaha negara, perselisihan ketenagakerjaan/hubungan industrial maupun arbitrase dan alternatif penyelesaian sengketa dan sebagainya.