5 Manfaat Lain dari Pir Kukus

oleh -169 Dilihat
Manfaat pir kukus.(Foto: cookpad)

XNews.ID – Pori-pori pada kulit wajah dapat tersumbat akibat kotoran, minyak, sel kulit mati, atau bakteri yang menumpuk. Kondisi ini biasanya ditandai dengan bintik-bintik yang membuat tekstur kulit wajah menjadi tidak rata atau bruntusan.

Dilansir dari Alodokter, Senin (22/4/2024), ada beragam penyebab pori-pori tersumbat. Namun, kondisi ini umumnya dipicu oleh kebersihan kulit wajah yang tidak terjaga, seperti menyentuh wajah dengan tangan kotor, malas membersihkan make-up, atau bahkan kebiasaan memencet jerawat. Selain itu, penggunaan produk perawatan kulit yang kurang tepat juga bisa membuat pori-pori tersumbat.

Cara Mengatasi Pori-Pori Tersumbat

Ada berbagai cara mengatasi pori-pori tersumbat yang dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah, di antaranya:

1. Membersihkan wajah secara rutin

Bersihkan wajah secara rutin pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Saat membersihkan wajah, pastikan Anda menerapkan teknik double cleansing. Pertama, gunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak untuk mengangkat minyak, tabir surya, sisa make-up, dan kotoran yang menempel di kulit.

Setelah itu, bersihkan kembali wajah menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan berlabel noncomedogenic.