Kenali Radang Amandel dan Cara Mengobatinya

oleh -136 Dilihat
Penyebab radang amandel.(Foto: umsu)

XNews.ID – Tonsilitis atau radang amandel adalah kondisi ketika organ amandel mengalami peradangan atau inflamasi yang menimbulkan rasa nyeri saat menelan dan terkadang dapat menyebabkan amandel bengkak. Meskipun sering terjadi pada anak-anak berusia 5-15 tahun, kondisi ini juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Sebagian besar penyebab amandel atau tonsilitis adalah infeksi virus. Tetapi ada pula penyebab radang amandel adalah karena infeksi bakteri. Penularan tersebut pun dapat terjadi apabila seseorang memiliki kontak erat dengan penderita, seperti berjabat tangan dan menghirup partikel udara ketika penderita bersin. Beberapa virus yang menjadi penyebab amandel adalah sebagai berikut:

● Rhinovirus: Virus penyebab pilek.

● Influenza: Virus penyebab flu.

● Enterovirus: Virus penyebab penyakit mulut, tangan, dan kaki.

● Adenovirus: Virus penyebab diare.

● Rubella: Virus penyebab campak.

Selain dari infeksi virus/bakteri, penyebab radang amandel adalah biofilm yang terdapat pada lipatan amandel. Biofilm adalah sekumpulan mikroorganisme yang menempel dan membentuk selimut di permukaan tubuh. Biofilm sendiri dapat terjadi akibat resistensi antibiotik.

Dikutip dari Primaya Hospital, pada Sabtu (18/5/2024), jika radang amandel disebabkan oleh virus, biasanya kondisinya akan membaik dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Sedangkan, jika radang amandel disebabkan oleh bakteri, maka perlu pemberian obat antibiotik sesuai resep dokter.