Mengintip Kuliner Warisan Kerajaan Mataram Kuno Legenda Rajamangsa di Klaten

oleh -142 Dilihat

Berikutnya adalah Hadangan Madura yang juga menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Cita rasanya cenderung manis dan lezat, yang barangkali akan mengingatkan Sobat Pesona akan gudeg Yogya. Berbeda dengan Hadangan Harang yang menonjolkan kelembutan daging giling, hidangan ini tetap mempertahankan tekstur daging yang menambah kenikmatan dalam setiap suapan.

Pendamping ketiga adalah Dundu Puyengan, hidangan istimewa berbahan dasar belut yang unik. Belut yang telah dibumbui diatur melingkar untuk menghasilkan bentuk yang menggugah selera. Setelah digoreng hingga kecokelatan, belut kemudian dimasak secara lembut dalam tumisan bumbu daun kemangi segar, menghasilkan sajian yang tak hanya nikmat tapi juga beraroma sedap.

Hidangan Penutup. (Foto: Kemenparekraf)

Hidangan Penutup

Melengkapi tamasya kuliner dalam rangkaian hidangan Rajamangsa, Anda akan mencicipi Palamula yang merupakan paduan sempurna manis gurihnya umbi-umbian rebus, dengan sensasi creamy dari areh (santan kental) kelapa dan kinca (gula kelapa cair) yang manis dan wangi. Areh dan kinca tersebut menghidupkan cita rasa alami umbi-umbian, menciptakan perpaduan rasa yang tepat sebagai penutup kelengkapan hidangan.

Sembari menikmati hidangan penutup, buah, dan minuman yang terus disajikan, para tamu juga akan mendapatkan suguhan atraksi seni berupa sendratari kolosal yang dibawakan secara apik oleh kanak-kanak dan remaja Desa Wisata Kebondalem Kidul. Keindahan gamelan dan tari, kostum yang memukau, berpadu dengan keagungan sosok Candi Sojiwan yang menjadi latar belakang pertunjukan elok ini.

Sungguh satu malam yang penuh kesan, di mana seluruh indera kita dimanjakan melalui aneka hidangan warisan sejarah, suasana yang indah, warga yang ramah, serta seni budaya yang sarat dengan kearifan lokalnya. Salut banget, dengan warga Desa Kebondalem Kidul yang berhasil mengemas dan melestarikan warisan sejarah Legenda Rajamangsa menjadi paket wisata menarik seperti ini. (nano)

Berita Mengintip Kuliner Warisan Kerajaan Mataram Kuno Legenda Rajamangsa di Klaten ditayangkan ulang oleh XNews.ID.