HIPPI Dan KADIN Bersinergi Untuk Mewujudkan Visi Ekonomi Inklusif

oleh -290 Dilihat
XNEWS.ID – Dalam sebuah acara bersejarah yang digelar di Balairung Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Jakarta, hari ini, Dewan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPP HIPPI) periode 2023-2028 resmi dilantik.
Pelantikan ini menandai langkah strategis baru dalam memperkuat peran pengusaha pribumi dalam perekonomian nasional. Sebanyak 130 pengusaha pribumi bergabung dalam kepengurusan baru yang dinakhodai oleh Ketua Umum DPP HIPPI yang baru, Erik Hidayat.
Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid, dan disaksikan oleh Ketua Umum MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang hadir memberikan sambutan dan motivasi kepada pengurus baru HIPPI. Dalam sambutannya, Erik Hidayat menegaskan bahwa HIPPI akan terus mendorong pemerintah untuk berpihak pada pengusaha pribumi dan menciptakan kebijakan yang mendukung pertumbuhan mereka.
Kami ingin memastikan bahwa pengusaha pribumi memiliki peran signifikan dalam perekonomian Indonesia, ujar Erik Hidayat. Kami akan mendorong penerapan sistem ekonomi Pancasila yang menggabungkan persaingan bebas dengan dukungan kuat dari pemerintah kepada pengusaha nasional. HIPPI siap menjadi mitra strategis pemerintah untuk mencapai visi ekonomi berkeadilan sosial.
Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid, dalam pidatonya menyampaikan bahwa 98 % pengusaha di indonesia adalah UMKM, dan 90 % dari umkm tersebut adalah di level mikro yang penghasilannya kurang dari 20 juta per tahun atau kurang dari 2 juta rupiah per bulan.
Ini adalah PR kita bersama untuk menaikkan level pengusaha dari usaha mikro menjadi kecil dan pengusaha kecil ke menengah. Tantangan ini dijawab langsung oleh Erik Hidayat yang mengatakan HIPPI Siap ditugaskan oleh KADIN untuk mengembangkan UMKM di Indonesia dan menargetkan HIPPI dapat ikut berkontribusi untuk meningkatkan pengusaha level menengah nasional menjadi 2% dari total penduduk Indonesia.