Pecahkan Rekor Muri, Hari Sejuta Kiblat Serentak Pada 27 Mei 2024

oleh -168 Dilihat

XNEWS.ID – Hari sejuta kiblat yang jatuh pada hari Senin, 27 Mei 2024 merupakan hari pengukuran arah kiblat. Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan peristiwa Rashdul Qiblah atau Istiwa Azham atau momenim ketika posisi matahari melintas tepat di atas Kabah pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA.

Hari Sejuta Kiblat yang akan memecahkan Rekor MURI adalah momentum melibatkan lebih dari satu juta masyarakat untuk mengukur arah kiblat dari berbagai wilayah dan latar belakang untuk mengkalibrasi atau mengukur arah kiblat secara mandiri dari rumah atau tempat kerja masing-masing.

Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Prof. Dr. Phil. H. Komaruddin Amin, M.A, menyampaikan, Insya Allah kita mendukung dan berpartisipasi untuk menentukan arah kiblat kita.

Kita berkesempatan untuk menentukan akurasi kiblat kita, ujarnya, dalam keterangan videonya, dikutip Senin (27/5).

Untuk itu, ia mengajak umat Islam untuk berpatisipasi mendukung Hari Sejuta Kiblat pada tanggal 27 Mei 2024, Insya Allah persis pada pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA matahari sedang berada di atas Kabah.

Pada saat itu kita bisa menentukan arah kiblat kita. Kita mengambil benda lurus, kemudian di bawahnya harus datar. Kemana bayangan dari benda itu, itulah kiblat kita, terangnya.

Untuk memeriahkan momen ini, Kemenag menawarkan doorprize sebesar 20 juta rupiah. Untuk berpartisipasi dalam gerakan Hari Sejuta Kiblat.

Masyarakat dapat mengikuti syarat dan ketentuan berikut, di antaranya mendaftar melalui tautan s.id/harisejutakiblat, mengikuti akun Instagram @bimasislam dan @harisejutakiblat.

Lalu mengunggah foto saat melakukan pengukuran arah kiblat, serta menandai dan menyebutkan akun @harisejutakiblat dalam foto yang diunggah.

Berikut Cara Daftar Hari Sejuta Kiblat 2024

Buka link pendaftaran Hari Sejuta Kiblat 2024