Peran Penting Lembaga Independen Dukung Fungsi Anggaran Parlemen

oleh -113 Dilihat

XNEWS.ID – Wakil ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Muhidin Muhammad Said memimpin kunjungan kerja Banggar ke Congressional Budget Office (CBO) di Washington D.C. Amerika Serikat (AS).

Pertemuan ini juga didampingi oleh Astera Primanto Bhakti selaku Dirjen Perbendaharan kementerian keuangan dan Bank Indonesia selaku mitra kerja Banggar serta KBRI di Washington.

Muhidin menyampaikan, peran CBO sangat penting dalam membantu kongres AS membuat kebijakan penganggaran yang akurat.

Hal ini selayaknya diadopsi oleh parlemen di Indonesia, sehingga Fungsi anggaran Parlemen Indonesia khususnya di Banggar berperan sebagai pemegang amanah rakyat (social trustee) dapat membuat kebijakan yang akurat, kata Muhidin, Minggu (26/5/2024).

Muhidin melanjutkan, fungsi anggaran yang berprioritas pada kesejahteraan rakyat menunjukkan keberpihakan DPR terhadap rakyat. Dimana parlemen turut menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Maka kunjungan ini dilakukan untuk memperkuat fungsi anggaran di Banggae DPR RI dalam proses pembahasan RAPBN TA 2025 yang berkualitas untuk kesejahteraan rakyat, tegas Politisi Partai Golkar ini.