Simak ini Manfaat Tak Terduga Daun Keji Beling

oleh -90 Dilihat
Manfaat daun keji beling.(Foto: Alodokter)

XNews.ID – Daun keji beling atau pecah beling adalah tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan. Indonesia memang kaya akan obat herbal. Bahkan, banyak obat herbal yang sebenarnya merupakan tanaman liar dan sangat mudah ditemukan. Salah satunya, daun keji beling.

Dilansir dari Klik Dokter, Rabu(28/5/2024), daun keji beling berasal dari Madagaskar, tetapi penyebarannya sudah sampai ke Indonesia. Tanaman liar ini kerap dijadikan obat herbal dalam bentuk puyer atau kapsul.

Pembuatan obat herbal dari daun keji beling tentu bukan tanpa alasan. Daun yang memiliki nama lain pecah beling ini mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, serta kafein.

Manfaat daun keji beling untuk kesehatan yang paling populer adalah sebagai obat alami diabetes. Tak hanya itu, daun pecah beling juga memiliki khasiat seperti berikut ini:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah Tanpa Efek Hipoglikemia

Sebuah penelitian dari Universitas Putra Malaysia yang diterbitkan dalam Plant Foods for Human Nutrition tahun 2013 melaporkan, penurunan gula darah terjadi pada tikus percobaan yang diberikan teh dari daun keji beling.

Teh daun tersebut ada yang sudah difermentasi dan ada juga yang tak difermentasi.