BNPP Persiapkan Provinsi Kalbar sebagai Lokasi Pencanangan Gerbangdutas ke-12

oleh -102 Dilihat

XNEWS.ID – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang dikepalai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kembali berencana menggulirkan pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2024.

Salah satu Lokasi Khusus (Lokus) yang dipersiapkan BNPP dalam pencanangan Gerbangdutas yang ke-12 kali ini adalah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Nantinya seremoni pelaksanan akan dilaksanakan di Pontianak yang menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian Kalbar.

Deputi Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, BNPP, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi, Makhruzi Rahman menjelaskan bahwa, maksud dari Gerbangdutas ini adalah memantapkan Pengelolaan Batas Wilayah Negara – Kawasan Perbatasan (PBWN-KP) melalui koordinasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Serta mengidentifikasi kebutuhan pembangunan kawasan perbatasan negara dan mendukung layanan kesehatan kepada masyarakat perbatasan negara.

Dalam pencanangan Gerbangdutas, menunjukkan komitmen pemerintah dalam mengelola kawasan perbatasan, dengan kehadiran kementerian dan lemabaga yang menjadi anggota BNPP bersama pemerintah daerah, terang Makhruzi di Jakarta, Jumat (31/5) kemarin.

Makhruzi juga menambahkan, Gerbangdutas ke-12 kali ini akan berbeda dari pencanganan sebelumnya. Pelaksanaan Gerbangdutas ke-12 rencananya juga akan dirangkaikan peresmian secara simbolis 5 Pos Lintas Batas Negara yang pembangunan fisiknya telah rampung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) sebagai anggota BNPP.

Kelima PLBN tersebut adalah PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat; PLBN Serasan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau; PLBN Sei Nyamuk di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara; PLBN Napan di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur; dan PLBN Yatetkeun di Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan.

Jika berjalan sesuai rencana, rangkaian acara pencanangan Gerbangdutas akan berlangsung awal Juni 2024, ungkap Makhruzi.