Dapat Obati Maag, Ini Manfaat Temulawak

oleh -85 Dilihat
Manfaat temulawak.(Foto: umsu)

XNews.ID – Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang sering dipakai sebagai obat tradisional. Ada berbagai penggunaan temulawak untuk kesehatan, salah satunya adalah lambung.

Dilansir dari Gooddoctor, Minggu (2/6/2024), temulawak disebut dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Universitas Muhammadiyah Semarang sebagai salah satu tumbuhan obat yang telah lama diakui, terutama di kalangan masyarakat Jawa.

Segala macam manfaat yang dihasilkan oleh temulawak tidak lepas dari kandungan antioksidannya yang aktif.

Seperti apa manfaat temulawak untuk lambung?

Lambung merupakan salah satu organ penting dalam sistem pencernaan. Berbagai masalah kesehatan pun kerap melanda organ ini. Berikut ini merupakan manfaat yang ditawarkan temulawak untuk kesehatan lambung:

Meredakan tukak lambung

Tukak lambung merupakan suatu kondisi saat terjadi kerusakan dari mukosa lambung yang diikuti oleh inflamasi. Penyebab penyakit ini beragam, mulai dari infeksi Helicobacter pylori hingga penggunaan obat-obatan antiinflamasi nonsteroid (NSAID).

Nah, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Kedokteran Brawijaya menyebut ekstrak temulawak bermanfaat untuk mengatasi tukak lambung yang disebabkan oleh efek samping indometasin yang merupakan salah satu obat golongan NSAID.