Transformasi Desa Nepal Van Java oleh PNM: Asa yang Terbangun

oleh -82 Dilihat

XNEWS.ID – Kabupaten Magelang di Jawa Tengah memang terkenal dengan suasana asrinya. Tak hanya asri, daerah ini juga menghadirkan ragam keunikan, seperti halnya Desa Nepal Van Java.

Nepal Van Java merupakan julukan bagi Dusun Butuh yang terletak di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Pasalnya, banyak rumah warga yang mendiami lereng Gunung Sumbing sehingga membuat desa kecil ini terlihat seperti Negara Nepal.

Meski terletak di lereng gunung, Dusun Butuh menyimpan berbagai potensi sumber daya alam dan wisata. Dalam rangka menggali potensi tersebut, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui Program Relawan Bakti BUMN (RBB) menghadirkan pelatihan kepada para nasabah Mekaar.

Account Officer PNM Unit Kaliangkrik Ulys Oktaviani menjadi salah seorang Relawan Bakti BUMN yang turut berkontribusi terhadap kesejahteraan warga Desa Butuh. Setahun menjadi relawan di sana, Ulys mengaku senang dapat membantu permodalan usaha warga Desa Butuh.

Karena setiap hari saya berkunjung ke nasabah, berinteraksi sama nasabah, jadi saya sudah dekat sekali sama nasabahnya. Terus saya dengan ikhlas dan senang melakukan penagihan pembiayaan, khususnya setiap minggu. Alhamdulillah untuk nasabah juga dikasih kelancaran untuk pembiayaan ke PNM jadi saya senang dan bersyukur nasabah saya sudah lancar pembayarannya, dan diberikn kemudahan untuk usahanya, ujar Ulys.

Selain permodalan, Ulys bercerita PNM juga memberikan pelatihan dan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan warga Desa Butuh. Salah satunya mesin pengolah sampah.