Upaya Kurangi Konsumsi LPG, Pemerintah Dorong Pemanfaatan Jargas untuk Rumah Tangga

oleh -149 Dilihat
Upaya Pemerintah untuk mengurangi konsumsi LPG dengan kampanye penggunaan gas bumi kepada masyarakat dengan pemanfaatan Jaringan Gas Bumi (Jargas) untuk rumah tangga. (Foto: Dok Pertamina)

XNews.ID (Jakarta) – Dalam upaya mengurangi penggunaan LPG, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) giat mengkampanyekan penggunaan gas bumi kepada masyarakat. Salah satu upayanya adalah dengan menghadirkan program Jaringan Gas Bumi (Jargas) untuk rumah tangga.

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM, Noor Arifin Muhammad, menjelaskan program Jargas ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan gas LPG.

“Kita bisa memanfaatkan produksi gas dalam negeri untuk pengganti LPG, serta bisa mengurangi impor dan subsidi,” ujarnya, dikutip dari laman KabarBUMN, Senin (3/6/2024).

Ke depan, Noor berharap program jargas bisa diekspansi lebih luas dan penetrasinya bisa lebih dimasifkan, mengingat menggunakan gas bumi sejalan dengan peta jalan yang digagas pemerintah dalam hal transisi menuju energi bersih.