Keajaiban Aquatic Yoga: Olahraga, Relaksasi, dan Persaudaraan di Tengah Gemericik Air

oleh -104 Dilihat

Oleh: Yulita Ayu Suryani – Komunitas RUANGMENULIS.ID

XNEWS.ID –Suatu sore di sebuah kawasan perumahan di kota Semarang, saya menemukan sebuah kegiatan yang menarik perhatian saya saat berenang di kolam renang setempat. Sekelompok ibu-ibu sedang melakukan olahraga yoga, namun bukan di atas matras seperti biasanya, melainkan di dalam air. Rasa penasaran saya mendorong untuk bertanya kepada instruktur mereka, Ibu Ana Panuwun, yang dengan ramah mengizinkan saya melakukan wawancara singkat. Dari percakapan tersebut, saya belajar banyak tentang keajaiban Aquatic Yoga, atau yang lebih dikenal dengan senam air atau hidroterapi.

Aquatic Yoga adalah sebuah metode latihan yang menggabungkan gerakan yoga dengan manfaat air. Menurut Ibu Ana, Ini namanya Aquatic Yoga, Mbak. Atau lebih gampangnya senam air. Latihan ini melibatkan berbagai pose dan gerakan yoga yang dilakukan di dalam air, memanfaatkan sifat daya apung dan resistensi air untuk membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan tubuh.

Menariknya, peserta dari Aquatic Yoga ini kebanyakan adalah ibu-ibu berusia 40 tahun ke atas, dengan mayoritas adalah para pensiunan. Ibu Ana menjelaskan, Pesertanya memang rata-rata mak-mak usia 40 paling muda, namun rata-rata usia pensiunan, Mbak. Mereka dari mana saja. Kalau saya dari Sanggar Gendhis. Jadi, di sini siapa saja boleh ikut. Mbak juga boleh ikutan. Ini menunjukkan bahwa Aquatic Yoga tidak terbatas pada kelompok atau komunitas tertentu, melainkan terbuka untuk siapa saja yang berminat.