Hutama Karya Kerjakan Dua Junction di Jalan Tol Trans Sumatra, Target Rampung Tahun Depan

oleh -140 Dilihat

XNEWS.ID – Memiliki portofolio dalam membangun simpang susun terumit yakni Tanjung Mulia di Medan, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali diamanahkan untuk menggarap 2 (dua) proyek junction, Ruas Rengat – Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru (30,57 km) yang merupakan bagian dari ruas pembangunan Tahap II, dan Junction Palembang (8,25 km) dengan 6 ramp konstruksi dari total 10 ramp.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan kedua junction atau persimpangan jalan ini nantinya akan menghubungkan sejumlah ruas di dua provinsi seperti Riau, dan Sumatera Selatan.

Proyek junction ini kita desain untuk mendukung akses Jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi. Kedua proyek ini mulai digarap pada akhir bulan Desember 2023, dengan target rampung di tahun 2025 mendatang, ujar Adjib.

Hingga akhir Mei 2024, progres fisik Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru telah mencapai 16,27 persen, dengan progres pengadaan lahan sebesar 26,17%. Proyek ini direncanakan memiliki lebar jalur 3,6 m, serta jumlah lajur 2×2 pada tahap awal.

Dari sisi fasilitas struktur, dilengkapi dengan 1 Tempat Istirahat Pelayanan atau Rest Area Tipe A pada titik STA 190+450, 3 Gerbang Tol, 3 Interchange (IC), dan 3 Jembatan Sungai.