Sejumlah Lokasi Terbaik untuk Surfing di Indonesia

oleh -179 Dilihat

XNEWS.ID –Setiap tanggal 15 Juni diperingati sebagai International Surfing Day. Menyambut momen spesial bagi para peselancar ini, tak ada salahnya kita mengenal dan melihat pantai-pantai di Indonesia yang menjadi langganan para peselancar dunia.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki pantai-pantai dengan ombak besar, maka tidak mengherankan jika ada banyak tempat surfing yang menantang di Indonesia. Bahkan, beberapa pantai di Indonesia kerap menjadi tuan rumah ajang surfing internasional. Berikut adalah 10 pantai terbaik di Indonesia yang cocok untuk surfing kelas dunia:

Pulau Panaitan, Banten

Banten memiliki spot surfing kelas dunia yang menantang untuk ditaklukkan, yakni Pulau Panaitan. Pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini menawarkan tantangan berupa gelombang dari arah kiri yang kerap menyulitkan peselancar. Pulau Panaitan memiliki tujuh titik terbaik untuk surfing di antaranya: One Palm Point, Apocalypse, Napalms, dan Pussy dengan ombak rata-rata mencapai 5-10 meter. Fakta menarik lainnya, di salah satu spot surfing One Palm Point, memiliki interval ombak sejauh 800 meter.

Pantai Ombak Tujuh, Jawa Barat

Masih dalam satu kawasan dengan Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat Pantai Ombak Tujuh sudah banyak dikenal oleh para peselancar kelas dunia. Seperti namanya, salah satu keunikan dari pantai ini adalah susunan ombak yang konon selalu muncul berurutan dengan 7 gelombang. Hal ini makin memacu adrenalin dengan ketinggian ombak mencapai 6 meter. Waktu terbaik untuk surfing di Pantai Ombak Tujuh antara bulan Juni-Juli.