Daya Saing RI Lampaui Malaysia Hingga Jepang, Sultan: Kami Apresiasi dan Siap Berkolaborasi

oleh -173 Dilihat

XNEWS.ID – Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin mengapresiasi pendekatan kebijakan ekonomi dan politik Pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam menjaga daya tahan mata uang rupiah dan stabilitas politik nasional.

Hal ini disampaikan mantan ketua HIPMI Bengkulu itu saat mengetahui peringkat daya saing Indonesia naik ke posisi 27 dunia dari sebelumnya 34, berdasarkan riset IMD World Competitiveness Ranking (WCR) 2024. Penilaian tersebut diukur melalui variabel pelemahan mata uang dan ketidakstabilan politik, serta kebijakan pemerintah.

Kita patut bersyukur pergerakan rupiah sejauh ini masih cukup stabil pada level terjaga, apabila dibandingkan dengan mata uang negara lain. Hal ini tentu berkat pendekatan kebijakan ekonomi Pemerintah dan kerjasama semua elemen bangsa dalam menjaga stabilitas politik pasca pemilu, ujar Sultan melalui keterangan resminya pada Rabu (19/06).

Sultan mengatakan ke depan pihaknya akan selalu mendukung dan siap bekerjasama dengan pemerintah dalam proses legislasi maupun anggaran pemerintah, sejauh untuk kepentingan masyarakat dan bangsa. Yang paling penting dalam masa transisi kepemimpinan nasional saat ini, semua elemen bangsa dapat menjaga kondusifitas politik.