Kunjungan Pastoral Kardinal Suharyo di Atambua Perkuat Iman dan Kedaulatan NKRI

oleh -97 Dilihat

XNEWS.ID –Kardinal Mgr. Suharyo, selaku Uskup untuk lingkungan TNI-Polri, bersama dengan Wakil Uskup Kolonel Yos Bintoro, Pr, melakukan kunjungan pastoral ke Atambua, Nusa Tenggara Timur, beberapa waktu lalu. Kunjungan ini menjadi momen penting bagi umat Katolik di wilayah tersebut, mengingat daerah ini adalah bagian timur Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Katolik. Selain sebagai penjaga perbatasan antara Indonesia, Timor Leste, dan Australia, Atambua juga memiliki peran strategis dalam menjaga kedaulatan negara.

Dalam kunjungannya, Kardinal Mgr. Suharyo menyampaikan pesan-pesan spiritual yang menekankan pentingnya persatuan dan kekuatan iman di tengah tantangan yang dihadapi. Kardinal mengajak umat untuk selalu berdoa dan menjaga keharmonisan dengan sesama, serta memperkuat semangat kebangsaan. Sementara itu, Kolonel Yos Bintoro, Pr., menekankan pentingnya peran TNI-Polri dalam menjaga keamanan dan stabilitas di perbatasan, sekaligus memastikanmasyarakat dapat hidup dalam suasana yang kondusif.

Di wilayah Atambua dan sekitarnya, termasuk Kupang yang berada di sebelah selatan, terdapat satuan radar Buraen yang memantau gerakan naik turun pesawat dari Darwin dan Australia bagian selatan. Keberadaan radar ini sangat penting dalam mendeteksi dan mengantisipasi setiap ancaman yang mungkin datang dari arah selatan, sehingga dapat menjamin keamanan wilayah Indonesia dari segala potensi gangguan.