Yamaha Meluncurkan Sistem Transmisi Y-AMT untuk Menantang Teknologi Honda E-Clutch

oleh -94 Dilihat
Yamaha Meluncurkan Sistem Transmisi Y-AMT. (Foto: Greatbiker)

XNews.ID – Setelah Honda meluncurkan sistem E-Clutch baru pada Honda CB650R dan CBR650R di EICMA 2023 baru-baru ini, nampaknya membuat pabrikan lain mengalihkan perhatiannya untuk mengembangkan sistem gigi yang membantu pengendara mendapatkan pengalaman berkendara baru. Tampaknya Yamaha menjadi pabrikan Jepang berikutnya yang meluncurkan sistem gigi baru dengan penggunaan serupa.

Dikutip dari Greatbiker, Rabu (10/7/20240, Yamaha Y-AMT atau “YAMAHA AUTOMATED MANUAL TRANSMISSION” Jika dijelaskan secara sederhana, pengoperasian sistem transmisi ini merupakan sistem transmisi manual dengan aktuator yang digerakkan oleh motor yang mengontrol pengoperasian kopling dan perpindahan gigi pengendara, sehingga memungkinkan itu untuk digunakan dalam mode otomatis dan manual.

Secara mekanis, sistem tersebut hanya memerlukan penambahan sistem aktuator dan komputer kendali (disebut ECU, TCU, MCU, dll) pada kendaraan yang menggunakan sistem transmisi manual umum. Oleh karena itu, dapat diinstal tanpa modifikasi besar.

Hal itu dapat dimodifikasi agar sesuai dengan model yang ada dan memiliki keuntungan utama yaitu biaya pengembangan yang lebih rendah. Selain itu, pengendara dapat memilih mode transmisi AT dan MT yang penggunaannya hampir sama.