BPP LOCERET KABUPATEN NGANJUK WUJUDKAN PENGEMBANGAN KAWASAN MELALUI PELATIHAN MANAJERIAL BPP

oleh -121 Dilihat

Nganjuk, (XNews.id) – Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Induk Loceret Dinas Pertanian Kab Nganjuk

menjadi salah satu BPP Kostratani yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan pelatihan Managerial BPP Kostratani

Kegiatan berlangsung selama 4 hari dari 24-26 Juni 2021 dibuka dan dihadiri ; Kepala Dinas Pertanian Bpk. Yudi Ernanto, S.Pi,
MM, Kordinator Penyelenggara Pelatihan mewakili Kepala BBPP Batu, Kordinator jabatan fungsional, Bpk Masrukin SP., Kordinator BPP Loceret Ibu Jarwani, SP., Widyaiswara BBPP Batu Karel Daniel Ishak Sir, SP, M.Agr dan Praktisi. Jumlah peserta sebanyak 20 orang dari 20 BPP Kostratani yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Bicara tentang BPP sekarang, tentu tidak terlepas dari Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian atau Kostratani, dimana BPP Kostratani memiliki peran penting dalam pertanian. Setidaknya ada 5 peran utama yang dimiliki Kostratani dalam pembanguan pertanian di Indonesia. Kostratani adalah gerakan pembangunan pertanian yang berada di tingkat kecamatan atau dengan kata lain mengoptimalkan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, pernah mengatakan bahwa kostratani dibentuk untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran BPP.
“Kostratani adalah wujud gerakan pembangunan pertanian di Indonesia yang menyelaraskan kemajuan era industrialisasi 4.0. Kostratani berpusat di Kecamatan, karena pembangunan pertanian akan dilakukan dari lapangan, desa hingga kecamatan,” katanya,