Membanggakan! Indonesia Penghasil Ikan Laut Terbesar di Dunia Setelah China

oleh -83 Dilihat

XNEWS.ID – Tingginya manfaat yang ada di dalam ikan laut semakin menambah tingkat permintaan industri perikanan laut di pasar dunia. Dikutip Food and Agriculture Organization (FAO) pada 2022 melaporkan pasar perikanan laut global memiliki hasil tangkapan sebesar 78,8 juta ton pada tahun 2020. Jumlah tersebut turun dari level yang tertinggi pada tahun 2018 mencapai 84,5 juta ton, dan lebih rendah dari hasil tangkapan pada tahun 2019 yang dapat mencapai 80 juta ton.

Dari berbagai sumber fakta menarik, Indonesia berhasil masuk dalam peringkat dua sebagai negara produsen ikan terbesar di dunia setelah China, dengan jumlah 6,43 juta ton. Spesies ikan laut yang berada di Indonesia juga sangat beragam, mulai dari ikan tuna, salmon, dan lainnya.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, yang 75 % total wilayahnya berupa laut, dan 28 % wilayah darat Indonesia pun berupa ekosistem perairan (danau, sungai, waduk, dan perairan rawa tawar); Indonesia memiliki potensi produksi lestari akuakultur terbesar di dunia, sekitar 100 juta ton/tahun (FAO, 2014).

Menurut data Kementeraian Kelautan dan Perikanan (KKP), hasil prosukdi ikan di Tanah Air mencapai 24,85 juta ton pada 2022. Sementara produksi perikanan ditargetkan mencapai 30,37 juta ton pada 2023.

Prof. Rokhmin Dahuri (kaos putih)

Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan 2020 – Sekarang, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS mengatakan, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan potensi pembangunan berupa sumber daya alamdan jasa-jasa lingkungan (environmental services) yang melimpah dan hingga kini belum dimanfaatkan secara optimal.

Sektor-sektor ekonomi kelautan, khususnya sektor KP (kelautan dan perikanan), mestinya bisa menjadi penggerak (prime mover) perekonomian nasional untuk kemajuan, kesejahteraan, dan kedaulatan Indonesia.