Keutamaan Sedekah Subuh yang Wajib Anda Ketahui

oleh -114 Dilihat
Keutamaan sedekah subuh.(Foto: Laz persada)

XNews.ID – Sedekah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT., tentu saja termasuk sedekah subuh. Yaitu pemberian yang dilakukan oleh seorang muslim kepada kelompok orang yang membutuhkan, pada waktu subuh, yakni setelah melaksanakan shalat subuh.

Dinamakan sedekah subuh lantaran dilakukan usai melaksanakan shalat subuh, sebelum matahari terbit.

Tidak ada dalil, baik di dalam Al-Quran maupun hadits yang menyebutkan tentang istilah sedekah subuh, karena pada dasarnya sedekah kapan pun dan di mana pun memiliki nilai yang sama. Dikutip dari Islampos, pada Sabtu (20/4/2024), inilah keutamaan sedekah subuh:

1. Mendapatkan Doa dari Malaikat

Keutamaan beramal di waktu subuh yakni mendapatkan doa dari malaikat. Pasalnya di waktu subuh tersebut malaikat akan turun ke bumi dan mendoakan orang yang bersedekah.

Sesuai dengan riwayat Bukhari Muslim:

Dari Abu Hurairah ra.: Nabi Muhammad bersabda, “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satunya berkata, Ya Allah, berilah karunia kepada orang yang menginfakkan hartanya. Gantilah kepada orang tersebut yang membelanjakan hartanya karena Allah. Malaikat yang satu berkata, Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits lain menjelaskan bahwa Rasulullah juga ikut mendoakan umat muslim yang melakukan amalan-amalan sunnah dan ibadah lainnya. Maka umat yang seperti itu yang akan mendapatkan doa Rasulullah ﷺ.