Tetap Sejahtera di Lahan Rawa

oleh -161 Dilihat

LAJU perahu motor pengangkut belasan penumpang tertahan oleh tebalnya hamparan tumbuhan enceng gondok bercampur sampah rumah tangga dan ranting pohon yang menutupi badan sungai. Sang motoris terpaksa menggunakan kayu panjang untuk menggerakkan perahu karena mesinnya tersangkut sampah sungai.

Rute transportasi air dari pelabuhan Kecamatan Danau Panggang menuju desa-desa di kawasan rawa Kecamatan Paminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, kerap menghadapi kendala tertutupnya alur pelayaran akibat tumbuhan enceng gondok dan sampah. Namun bagi para motoris dan warga setempat, hal ini merupakan sesuatu yang biasa, meski konsekuensinya waktu tempuh pelayaran menjadi lebih lama.

Tak jarang mereka harus mencari rute alternatif agar bisa melewati hamparan gulma yang menutupi kawasan rawa ini. “Salah satu kendala yang dihadapi warga di kawasan rawa ini adalah transportasi yang kerap terganggu akibat tumbuhan enceng gondok dan sampah menutupi sungai,” kata Latief, Sekretaris Desa Bararawa, di Kecamatan Paminggir.

Topografi wilayah Provinsi Kalimantan Selatan memiliki kawasan rawa dengan luasan mencapai 382.271 hektare. Kawasan rawa ini tersebar di sejumlah kabupaten seperti Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut.

Ratusan ribu jiwa penduduk Kalsel mendiami kawasan rawa dengan memanfaatkan dan mengandalkan beragam potensi lahan rawa untuk kehidupan mereka. Sumber mata pencarian utama warga berupa pertanian, perikanan dan peternakan.